Home / Seputar Ramadhan / 3 Hal yang Perlu Disiapkan di Bulan Ramadhan
Foto: http://dakwahislam.net/
Foto: http://dakwahislam.net/

3 Hal yang Perlu Disiapkan di Bulan Ramadhan

Sebentar lagi kita akan menjumpai bulan suci Ramadhan. Bulan penuh rahmat telah yang dinanti-nanti oleh seluruh umat muslim di penjuru dunia. Lalu sudah sampai manakah persiapan kita dalam menyambut bulan Ramadhan ini? Alangkah baiknya persiapan tersebut dilakukan jauh-jauh hari.

Ada tiga tips yang perlu dipersiapkan untuk menyambut bulan Ramadhan, yaitu:

1. Persiapan jiwa, akal, harta dan jasmani.

Persiapan jiwa diperlukan agar kita memiliki kesiapan mental untuk menjalankan ibadah Ramadhan hingga kita senang melaksanakannya. Persiapan yang bersifat spiritual atau ma’nawi ini bisa dilakukan dengan mulai meningkatkan amal ibadah menjelang Ramadhan, seperti membayar hutang puasa bagi yang berhutang pada tahun lalu, memperbanyak puasa sunnah, membaca Al-Qur’an, berdoa, berdzikir, memohon maaf atas kesalahan yang selama ini kita lakukan dan lain-lain.

Persiapan akal dapat dilakukan dengan mendalami ilmu, khususnya ilmu yang berkaitan dengan ibadah Ramadhan. Lebih khusus lagi ilmu yang terkait dengan puasa, agar memiliki wawasan yang benar tentang ibadah di bulan Ramadhan. Belajar memaknai hikmah-hikmah yang terkandung di dalam bulan Ramadhan. Tema-tema perlu disusun dengan baik, hingga nantinya ketika menjalani ibadah Ramadhan dapat melakukannya dengan optimal dan dapat meraih hasil yang maksimal.

Persiapan harta atau Maliyah ini bisa dilakukan dengan menabung sebagian harta kita sebagai bekal berinfaq selama Ramadhan. Sehingga harta kita dapat disalurkan untuk memberi takjil, buka sahur bersama, menunaikan zakat fitrah dan shadaqah lain yang bermanfaat.

Persiapan jasmani dapat dilakukan dengan menjaga kesehatan, diantaranya dengan cara berolahraga, menjaga kebersihan rumah maupun lingkungan, dan hanya mengkonsumsi makanan dan minuman yang halal, sehat serta menyehatkan. Ini penting karena rangkaian ibadah yang telah terformat selama Ramadhan hanya akan bisa dilaksanakan dengan optimal oleh orang yang memiliki kesehatan prima. Persiapan jasadiyah ini dengan selalu menjaga dan meningkatkan kesehatannya serta persiapan aktivitas pendukung suksesnya ibadah Ramadhan dengan berbagai aktivitas ibadah yang bermanfaat seperti pesantren Ramadhan, pengajian, dan kegiatan lain yang positif dan mengandung pahala.

2. Melaksanakan apa yang sudah kita siapkan dan canangkan

Persiapan matang membantu kita untuk bisa beribadah dengan khusyuk dan runut. Ibadah puasa misalnya, bisa kita laksanakan dengan sebaik-baiknya, baik dari sisi ilmu, nilai-nilai akhlak di dalamnya maupun aktivitas pendukungnya. Dalam hal ini, Lima Sukses Ramadhan yakni puasa, tadarus Al Quran, shalat tarawih, lailatul qadar, dan zakat fitrah menjadi misi yang harus kita raih selama Ramadhan.

3. Melanjutkan keberhasilan ibadah Ramadhan

Menindaklanjuti keberhasilan ibadah Ramadhan bisa dilakukan dengan sikap, perilaku yang lebih syar’i dan meningkatkan kegiatan ibadah yang lebih baik sesudah Ramadhan berakhir. Dengan demikian ibadah Ramadhan memberi dampak dan pengaruh yang positif, tidak hanya bagi individu tapi juga bagi keluarga dan masyarakat di sekitar kita.

Semoga Ramadhan yang kita jelang ini, dapat membuktikan keberhasilan ibadah kita selama Ramadhan melalui peningkatan ketaqwaan kepada Allah SWT.

Penulis: Imam Pujiarto
Editor: Widi Yunani

Check Also

Keutamaan dan Keistimewaan Lailatul Qadar

Keutamaan dan Keistimewaan Lailatul Qadar

Allah telah memberikan keutamaan yang besar kepada umat Rasulullah SAW yang tidak diberikan kepada umat-umat …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *