Home / Nasional / Audiensi dengan Gubernur Khofifah, LDII Jatim Bahas Sinergi Program Energi Baru Terbarukan
Jajaran pengurus Dewan Pimpinan Wilayah Lembaga Dakwah Islam Indonesia (DPW LDII) Provinsi Jawa Timur diterima audiensi oleh Gubernur Khofifah Indar Parawansa di Gedung Negara Grahadi Surabaya, Minggu (16/5).
Jajaran pengurus Dewan Pimpinan Wilayah Lembaga Dakwah Islam Indonesia (DPW LDII) Provinsi Jawa Timur diterima audiensi oleh Gubernur Khofifah Indar Parawansa di Gedung Negara Grahadi Surabaya, Minggu (16/5).

Audiensi dengan Gubernur Khofifah, LDII Jatim Bahas Sinergi Program Energi Baru Terbarukan

Di bulan Syawal jajaran pengurus Dewan Pimpinan Wilayah Lembaga Dakwah Islam Indonesia (DPW LDII) Provinsi Jawa Timur diterima audiensi oleh Gubernur Khofifah Indar Parawansa di Gedung Negara Grahadi Surabaya, Minggu (16/5).

Pada kesempatan tersebut Ketua DPW LDII Provinsi Jawa Timur KH. Moch. Amrodji Konawi menyampaikan hasil Musyawarah Wilayah (Muswil) ke-9 LDII Jawa Timur sekaligus memperkenalkan kepengurusan baru pada periode 2020-2025.

“Kami juga melaporkan, LDII baru saja menyelenggarakan Musyawarah Nasional (Munas) ke-9 pada 7-8 April di Jakarta dan KH. Chriswanto Santoso terpilih sebagai Ketua Umum DPP LDII,” kata Amrodji di hadapan Gubernur Khofifah.

Amrodji juga menyampaikan, LDII fokus pada peningkatan delapan bidang program kerja yaitu, wawasan kebangsaan, prinsip dakwah dan akhlak bangsa, pendidikan karakter, pangan dan lingkungan hidup, ekonomi syariah, pengembangan pengobatan herbal, pemanfaatan teknologi digital produktif, pemanfaatan energi baru terbarukan.

audiensi ldii dengan gubernur khofifah 2021

“Di bidang energi-terbarukan, Pondok Pesantren binaan LDII, Wali Barokah Kediri mengembangkan Pembangkit Listrik Tenaga Surya (PLTS) untuk kebutuhan listrik pesantren. Kemudian di Kebun Teh Jamus Ngawi warga LDII mengembangkan Pembangkit Listrik Tenaga Mikro Hidro (PLTMH) untuk kebutuhan listrik penduduk sekitar dan pabrik teh,” imbuh Amrodji.

Amrodji menambahkan, melalui delapan bidang program kerja tersebut, LDII siap bersinergi dengan program kerja Nawa Bhakti Satya Provinsi Jawa Timur.

Menanggapi hal tersebut, Gubernur Khofifah yang didampingi Kepala Bakesbangpol Jonathan Judianto dan Kepala Biro Kesejahteraan Rakyat (Kesra) Pemprov Jawa Timur Hudiyono tertarik dengan program energi baru terbarukan yang dikembangkan LDII salah satunya PLTMH. Mengingat di Jawa Timur merupakan Daerah Aliran Sungai (DAS) Brantas dan Bengawan Solo sehingga dapat dimanfaatkan.

“Saya ingin belajar hydropower di LDII. Di Jawa Timur banyak sungai dan waduk-waduk yang sudah beroperasi. Dimana waduk-waduk tersebut bisa dikasih teknologinya sehingga manfaatnya sangat besar bagi daerah-daerah yang elektrikalnya masih rendah. Semoga niat baik ini menjadi amal jariyah LDII,” ungkap Khofifah.

Keinginan Gubernur Khofifah disambut baik bagi LDII, Amrodji mengatakan akan terus berkoordinasi dengan pihak pengelola PLTMH Jamus Ngawi dan Pemerintah Provinsi Jawa Timur sehingga niatan tersebut cepat terealisasi.

“LDII siap membantu pemerintah sebagai wujud kontribusi dan pengabdian LDII terhadap bangsa dan negara,” tutup Amrodji.

Check Also

LDII Perkokoh Pancasila sebagai Ideologi Asli Bangsa Indonesia

Peringatan Hari Kesaktian Pancasila tiap 1 Oktober identik dengan Gerakan Partai Komunis Indonesia (PKI). Gerakan …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *