Home / Edukasi / Bersahabat dengan Alam, Melatih Generasi Penerus Berakhlakul Karimah
Festival Caberawit Ceria LDII Kabupaten Malang
Festival Caberawit Ceria LDII Kabupaten Malang

Bersahabat dengan Alam, Melatih Generasi Penerus Berakhlakul Karimah

Berbagai macam hal dapat diupayakan untuk mewujudkan generasi penerus bangsa yang berakhlakul karimah. Salah satunya adalah dengan mengajarkan mereka untuk bersahabat dengan alam. Dengan mencintai lingkungan dan sekitarnya, anak-anak akan belajar untuk menghargai sesama makhluk agar bisa hidup saling berdampingan. Inilah yang menjadi latar belakang pelaksanaan FCC (Festival Caberawit Ceria) LDII Pimpinan Cabang (PC) Pakis, Kabupaten Malang. Kegiatan ini dilaksanakan pada Minggu (13/12) di Aula Baitul Manshurin, Desa Mangliawan, Kecamatan Pakis, Kabupaten Malang.

fcc malang 2

“Pembinaan generasi pengerus harus selalu dilakukan karena masa depan adalah ada di tangan mereka. Para orang tua pun dianjurkan untuk senantiasa memberi arahan dan motivasi pada putra putri mereka. Tujuannya adalah agar terwujudnya generasi penerus yang alim, faqih, berakhlakul karimah dan mandiri.” ungkap H.Dawud Sugianto selaku Dewan Penasihat LDII Kabupaten Malang dalam sambutannya.

Di hadapan lebih kurang 300 peserta FCC yang berasal dari kalangan PAUD (Pendidikan Anak Usia Dini) hingga Sekolah Dasar, Dawud juga menerangkan bahwa sebagai generasi muda, sudah sepantasnya untuk selalu bersemangat mencari ilmu baik dunia maupun akhirat.

fcc malang 3

FCC adalah agenda tahunan yang diprakarsai oleh tim PPG (Pembina Penggerak Generus) LDII PC Pakis. Menyesuaikan dengan tema yaitu “Bersahabat dengan Alam”, panitia menghiasi Aula Baitul Manshurin dengan dekorasi bunga, pepohonan dan balon warna-warni. Suasana yang menyerupai taman ini untuk menambah semangat seluruh peserta.
Peserta lomba mengikuti beragam lomba yang ada, mulai lomba nasehat, mewarnai dan cerdas cermat. Bagi peserta yang tidak mengikuti lomba, panitia telah menyiapkan outbond yang mengajak mereka untuk bekerjasama dengan baik, kompak dan mau mencintai lingkungan sekitarnya.

“FCC sangat bermanfaat bagi Azham, anak saya dan seluruh teman sebayanya. Kami selaku orang tua pun turut dilibatkan dalam perlombaan dan permainan yang ada. Azham pun terlihat tidak sabar untuk mengikuti FCC di tahun depan. Saya harap untuk selanjutnya semuanya menjadi semakin baik,” kata Ninis Sri Rahayu, orang tua dari salah satu peserta FCC.

Di penghujung acara, panitia mengumpulkan seluruh peserta beserta orang tua untuk mendengarkan pengumuman pemenang dari seluruh lomba. Setiap pemenang mendapatkan trofi dari PPG LDII PC Pakis, bingkisan dan beberapa snack yang disusun menjadi sebuah selempang.

“Acaranya seru banget. Bisa ketemu sama banyak temen baru. Main bareng dan makan jajan bareng. Aku ikut lomba cerdas cermat dan alhamdulilah dapat juara 2. Kedepannya nanti, aku pengen belajar terus supaya ilmuku semakin banyak,” ujar Wimiar Rizky, salah satu peserta dari Desa Mangliawan.

Acara yang berlangsung sejak pukul 07.30 WIB ini berakhir pada pukul 11.00 WIB. Pembagian souvenir untuk seluruh peserta dan sesi foto bersama menjadi penutup pada FCC LDII PC Pakis kali ini. (Nabilla/garismedia)

Check Also

WhatsApp Image 2017-10-02 at 19.52.36

Tingkatkan Kualitas Mubaligh, LDII Jatim Gelar ToT Tahfidzul Quran

Guna mencetak generasi penerus bangsa yang profesional religius, para muballigh (red: penyampai agama) harus lebih …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *