Home / Kesehatan / Dinkes Jatim Beberkan Kunci Utama Turunkan Penularan Covid-19
Pembekalan Satgas Covid-19 LDII se-Jatim
Pembekalan Satgas Covid-19 LDII se-Jatim

Dinkes Jatim Beberkan Kunci Utama Turunkan Penularan Covid-19

DPW LDII Provinsi Jawa Timur menggelar pembekalan Satuan Tugas (Satgas) Covid-19 yang dihadiri Kepala Dinas Kesehatan Provinsi Jawa Timur. Acara ini digelar secara daring di studio utama Kantor DPW LDII Jawa Timur dan tersebar 49 titik di kabupaten dan kota se-Jawa Timur, Minggu (29/11).

Ketua DPW LDII Jawa Timur H. Amrodji Konawi mengatakan Satgas Covid-19 LDII Jawa Timur telah dibentuk dan dilaksanakan oleh DPD LDII kabupaten dan kota, khususnya Bidang Pengabdian Masyarakat.

“Ketua Satgas dipimpin oleh Wakil Ketua DPD LDII Kabupaten atau Kota dengan kepengurusannya dibantu tim dokter dan tenaga kesehatan,” kata Amrodji.

Amrodji menegaskan Satgas Covid-19 LDII dalam implementasinya tidak hanya melayani warga LDII, namun melayani seluruh masyarakat. “Hal ini sebagai bagian sumbangsih LDII untuk bangsa sekaligus berpartisipasi pada program Nawa Bhakti Satya Pemerintah Provinsi Jawa Timur. Setidaknya DPW LDII Jawa Timur memberikan kontribusi berkaitan Jatim Sehat dan Jatim cerdas,” imbuh Amrodji.

Selain itu, Amrodji berharap tim Satgas Covid-19 LDII bisa memberikan edukasi serta manfaat kepada masyarakat terkait kesehatan sebagai bentuk pengabdian untuk bangsa dan negara.

Pada kesempatan yang sama, Kepala Dinas Kesehatan Provinsi Jawa Timur dr. Herlin Ferliana menyampaikan Covid-19 benar-benar ada dan nyata. Oleh karena itu Herlin berpesan kepada masyarakat agar patuh terhadap protokol kesehatan.

“Pertama, sudah tidak ada toleransi kepada masyarakat tidak memakai masker. Karena masker itu melindungi kita apabila ada orang lain yang positif Covid-19 dan masker juga melindungi sahabat-sahabat di sekitar kita andai kita yang positif. Maka masker tidak boleh ditawar, ” kata Herlin.

Kedua, lanjut Herlin, masyarakat supaya menjaga jarak minimal satu meter kepada lawan bicara dan hindari kerumunan karena Covid-19 bisa menular salah satunya melalui percikan air ludah (droplet).

Ketiga, selalu mencuci tangan. Di mana saja ada virus dan bakteri, oleh karena itu sesering mungkin untuk mencuci tangan. Dan hindari menyentuh mata, hidung dan bibir sebagaimana virus itu masuk dalam tubuh manusia.

“Tiga hal ini mudah sebetulnya, tapi hasilnya luar biasa dibanding kita positif kemudian kita harus berjuang di rumah sakit. Itu lebih berat. Maka pesan saya ayo kita terapkan 3 M (memakai masker, menjaga jarak, dan mencuci tangan), ” imbuh Herlin.

Herlin juga menyampaikan pentingnya menjaga kebugaran tubuh agar tidak mudah tertular Covid-19 dengan cara makan yang bergizi, istirahat yang cukup, rutin olah raga, dan pikiran tidak boleh stress.

“Dua hal ini merupakan kunci utama untuk menurunkan angka penularan Covid -19 yaitu, menerapkan 3M dan menjaga kebugaran tubuh,” tegas Herlin.

Pada acara tersebut, Herlin berterima kasih kepada LDII dengan kontribusi nyatanya dengan membentuk tim Satgas Covid-19 di setiap Kabupaten dan Kota di Jawa Timur sehingga bisa membantu memutus rantai penularan Covid-19 dan bisa menyadarkan masyarakat betapa pentingnya protokol kesehatan.

Check Also

dpw-ldii-jawa-timur-terkait-bom-meledak-makassar

Ketua DPW LDII Jatim Minta Para Tokoh Agama Tingkatkan Komunikasi Atasi Dampak Teror di Makassar

Jakarta (28/3). Aksi teror bom bunuh diri yang menyasar Katedral Makassar, mengundang keprihatinan DPP LDII. …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *