Home / Ekonomi / Gerakan Go UB Bangkitkan Ekonomi Umat Berbasis Syariah
IMG_1397-edit

Gerakan Go UB Bangkitkan Ekonomi Umat Berbasis Syariah

Pelatihan Usaha Bersama (UB) yang merupakan gerakan kemandirian ekonomi berbasis majelis taklim dilaksanakan di Pondok Pesantren Wali Barokah, Kediri (25/2). Acara yang digelar oleh DPW LDII Jawa Timur ini mengusung tema “Membangun Jejaring UB dan Sinergi UB dengan Pengusaha serta Pencanangan Gerakan Go UB”. Total peserta 490 orang pengurus UB dari 38 kabupaten/kota se-Jawa Timur.

“UB ini sudah memasuki usia ke-20 tahun, artinya sudah memasuki usia remaja. Maka UB harus mampu menjadi salah satu pemain ekonomi di Indonesia,“ pesan Amien Adhy, Ketua DPW LDII Jawa Timur kepada seluruh pengurus UB se-Jatim.

UB memiliki beberapa sub-bidang usaha, diantaranya UB Mart di bidang retail dan sembako, UB Portofolio di bidang kemitraan dan pelaporan bisnis, UB Properti di bidang jual beli dan sewa properti, serta UB Pay di bidang kemudahan akses pembayaran aneka tagihan.

Dalam paparannya, Ketua Himpunan Pengusaha LDII Jatim, Dadang Zahrawanugraha menyatakan bahwa teknologi informasi sekarang sudah berkembang pesat. Maka, UB meluncurkan UB Pay untuk mengakomodasi seluruh pembayaran pulsa, listrik, tagihan air, dan akan berkembang terus. Ke depan, Gerakan Go UB di Jatim akan berbentuk PT UB Jatim.

“Dalam pengembangan Gerakan Go UB ini memang perlu adanya pemahaman ekonomi yang mendasar yaitu usaha baru yang lebih untung, meningkatkan penjualan, dan biaya produksi barang atau jasa bisa lebih murah,“ papar Arie Wibisono dari Pokja UB DPP LDII.

Keberadaan Go UB bisa menjadi alat bantu untuk mengembangkan jaringan usaha. Seperti dipaparkan oleh Ketua Forum Komunikasi UB Jawa Timur, Endra Mochamad Nurdin, “Tujuan Gerakan GO UB ini tidak lain mengembangkan jaringan, kemitraan, dan belanja dari umat Islam yang potensi ekonominya sangat besar sekali. Selain itu, diversifikasi usaha dengan melakukan ekspansi usaha seperti teknologi informasi, properti, dan jasa pengembangan bisnis,” katanya.

Inilah terobosan bisnis syariah berbasis ekonomi umat yang harus terus dipertahankan dan dikembangkan ke seluruh pelosok Jawa Timur, bahkan seluruh Indonesia. Apalagi UB telah memiliki 245 unit jaringan pemasaran UB yang tersebar di seluruh Jawa Timur. (M. Fauzi Wibowo)

Check Also

Pesona Nusantara 2

Bazar Pemuda LDII Sidoarjo 2017, Angkat Pesona Nusantara

Menghargai budaya bangsa bisa dilakukan melalui beragam cara. Salah satunya dengan menggelar bazar seperti dilakukan …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *