Home / Edukasi / Hafidz Cilik Beberkan Tips Hafalkan Quran
Muhammad Fahim Dzaki Mustofa saat melantunkan hafalan Quran pada Munas VIII LDII, 8 November 2016.
Muhammad Fahim Dzaki Mustofa saat melantunkan hafalan Quran pada Munas VIII LDII, 8 November 2016.

Hafidz Cilik Beberkan Tips Hafalkan Quran

Pada Munas ke-8 LDII yang berlangsung 8-10 November lalu, ayat-ayat suci Alquran dilantunkan secara hafalan oleh dua hafidz cilik. Hari pertama munas, Muhammad Fahim Dzaki Mustofa melantunkan hafalan surat Al-Hujurat ayat 10 di hadapan Menteri Agama. Di hari kedua Fahim tampil beserta kakaknya, Muhammad I’shom Daniel Farid melantunkan surat Al-Fushilat ayat 26-36 di hadapan Presiden Joko Widodo.

Kedua hafidz cilik tersebut adalah putra dari KH Kholil Bustomi, ulama dari Pondok Pesantren Wali Barokah Kediri. Usai tampil, Fahim yang berusia 13 tahun membeberkan tips menghafal Quran. Didampingi sang ayah, Fahim menuturkan bahwa sebentar lagi ia bisa menghafal sebanyak 30 juz. “Sekitar 1-2 bulan lagi insya Allah selesai 30 juz,” ujar Fahim.

Sang ayah, KH Kholil Bustomi yang ikut mendampingi Fahim mengatakan, anaknya itu bisa menghafal dua lembar dalam satu hari. “Dia biasanya menghafalkan satu hari 2 lembar, jadi kalau satu minggu 1 juz, satu bulan 4 juz. Jadi ini insya Allah kurang satu bulan lagi selesai,” jelasnya sembari tertawa.

Sejak usia 6 tahun, Fahim memiliki rutinitas dalam menghafal Quran. “Pagi habis subuh di masjid dulu, menunggu sampai shalat dhuha sambil menderes (mengulang) hafalan baru. Sampai di rumah di setorkan kepada ayah/ibu/mbah (siapapun yang ada di rumah),” ujar Fahim.

Terkait prestasi, Fahim pernah meraih juara dua tahfidz. Sementara kakaknya juara satu Lomba Tahfidz Quran di Arab Saudi. Kedua bersaudara ini pernah menempuh sekolah Tahfidz di Mekkah.

Untuk memperkuat hafalannya Fahim biasanya mengerjakan sholat kifdhi setiap malam Jumat. “Sebenarnya tertib ibadah wajib yang paling penting. Karena sholat kifdhy itu kan sunah. Percuma kalau ibadah wajibnya tidak tertib. Yang penting adalah pertama, sholat wajibnya bisa tertib,” tutur Kholil Bustomi.

Lebih lanjut Kholil menjelaskan tentang dalil menertibkan ibadah yang wajib. Seperti dalil pada Surat Al-Ankabut ayat 45 “Sesungguhnya shalat itu menjauhkan diri kita dari perbuatan keji dan munkar. Yang kedua adalah kalau dia shalatnya tertib akan ditolong oleh Allah, dimudahkan oleh Allah sesuai dengan surat Al-Baqarah:153,” kata Kholil Bustomi.

Muhammad Fahim Dzaki Mustofa didampingi ayahnya KH. Kholil Bustomi saat diwawancarai Lines Jatim.
Muhammad Fahim Dzaki Mustofa didampingi ayahnya KH Kholil Bustomi saat diwawancarai Lines Jatim.

Kholil menambahkan, kemudahan menghafal itu karena tertibnya sholat lima waktu harus ke masjid. Habis subuh tidak boleh pulang, hafalan 1 jam terus setoran di rumah, sarapan, kemudian baru sekolah. “Kemudian pulang sekolah, setelah dhuhur ada kalanya istirahat ada kalanya mengerjakan tugas dulu baru istirahat. Setelah ashar jika tidak ada les, ngaji lagi.” lanjut Kholil.

Fahim rutin menghafal setiap pagi, sore, dan malam. Hari Sabtu Kholil menyebutnya hari muroja’ah yaitu hari full mengulangi hafalan, dan libur di hari Minggu. Pada hari-hari efektif tidak pernah melihat televisi selain hari Minggu. Kholil menjelaskan bahwa menghindari lahan (menyia-nyiakan waktu) merupakan syarat mutlak bagi seorang penghafal Alquran.

Fahim mengaku memulai bisa menghafal setelah bisa membaca Iqra. Ia menuturkan, ada tiga tahapan menghafal Alquran. Sebelum bisa membaca yang penting bisa menirukan. Yang kedua, setelah bisa membaca Alquran. Di usia 5 tahun dirinya sudah bisa menghafal 7 juz. Sementara kakaknya di usia 6 tahun sudah bisa menghafal 10 juz.

Menghafal Alquran memberi banyak manfaat bagi anak-anak. Diantaranya bisa melatih kecerdasan karena terbiasa menghafal sejak kecil. Ini sesuai dengan firman Allah dalam Surat Thaha ayat 2, Allah tidak menurunkan Al-Quran agar kamu menjadi celaka, itu tidak.

Manfaat lain menghafal Alquran adalah mendapatkan kebaikan yang sangat banyak (barokah). Kemudian, hafalan Alquran bisa mengisi hati dengan iman, taqwa dan nur (cahaya). Selain itu penghafal Quran akan mendapat pertolongan yang sifatnya maknawiyah dari Allah yaitu akan diikuti oleh malaikat bernama Malaikat Safarah.

Untuk itu Fahim berpesan kepada anak-anak kecil zaman sekarang supaya bisa menghafal Alquran. Jadi dalam kehidupannya bisa selalu bersama Al-Quran. “Hidup bersama Alquran itu hidup yang membarokahi,” kata Fahim.

Penulis: Dini Fadila
Editor: Widi Yunani

Penelusuran terkait:

  • Hafidt al quran ldii
  • hafidz ldii
  • hafalan LDII
  • fahim dan faid kholil bustomi munas ldii 8
  • download murottal fahim bustomi
  • download pengajian ldii
  • download video hafiz quran
  • fahim al hafidz
  • Fahim anak pak kholil
  • fahim hafidz
  • download kholil bustomi
  • download khafid quran anak2 2017
  • download hafiz surat asri
  • download hafidj qur an 2017
  • download bacaan al quran kholil bustomi
  • Video anak pak kolil
  • donlot pengajian cilik habis atau jam jam
  • dari ldii yang ikut tahfiz quran indonesia
  • Dalam ldii menghafal alquran manfaatny apa beserta dalilny
  • biodata hafiz ldii

Check Also

Rabid Yahya Putradasa, lulusan terbaik Fakultas Kedokteran UI 2017.

Kuliah Sambil Mondok, Mahasiswa Ini Lulusan Terbaik Fakultas Kedokteran UI

Kesibukan kuliah sambil mengaji di pondok justru menjadikan Rabid Yahya Putradasa menjadi lulusan terbaik Fakultas …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *