Home / Parenting Skill / Ini Cara Efektif Bagi Ortu Mendidik Anak dalam Masa Pandemi
Bincang Santai: Menjadi Orang Tua Tangguh di Masa Pandemi
Bincang Santai: Menjadi Orang Tua Tangguh di Masa Pandemi

Ini Cara Efektif Bagi Ortu Mendidik Anak dalam Masa Pandemi

Orang tua memegang peran penting dalam mendidik anak semasa pandemi Covid-19. Anak lebih banyak beraktivitas di rumah.

Menyikapi kondisi ini, Penggerak Pembina Generus Lembaga Dakwah Islam Indonesia (PPG LDII) menggelar webinar dengan tema Menjadi Orang Tua Tangguh di Masa Pandemi, Minggu (27/12) melalui zoom meeting.

Webinar ini diakses 3.000 Majelis Taklim se-Indonesia dan menghadirkan dai kondang asal Solo KH. M. Thoyyibun.

Dalam pemaparan materinya, Thoyyibun menyampaikan bahwa setiap Allah memberikan cobaan pasti memberikan hikmah.

“Hikmah di balik cobaan ini adalah kita bisa memanage 24 jam pendidikan anak secara langsung,” ujarnya.

KH. M. Thoyyibun saat Menyampaikan Materi
KH. M. Thoyyibun saat Menyampaikan Materi

Thoyyibun menambahkan bahwa hikmah lainnya dari pandemi Covid-19 ini adalah anak memiliki waktu lebih lama bersama keluarga. ““Dulu mungkin, anak tidak banyak waktu di rumah, pagi sekolah pulang sore kadang juga ditambah les sehingga sedikit waktu di rumah untuk berkumpul,” jelasnya.

Menurut Thoyyibun, berkumpul bersama keluarga adalah hal yang penting. “Waktu tidak bisa diulang lagi,” ujarnya.

Sementara itu, Dewan Guru Ponpes Wali Barokah Hariyono Ichsan yang juga menjadi narasumber webinar mengatakan, “Tugas utama mendidik anak sebenarnya murni oleh orang tua karena nanti di akhirat orang tua akan dimintai pertanggungjawaban mengenai pendidikan anaknya,” tambahnya.

Hariyono berpesan kepada para orang tua untuk mengawasi penggunaan handphone kepada anaknya. “Positifnya belajar dari rumah, anak-anak yang awalnya buta teknologi kini jadi melek, namun orang tua tetap mengarahkan pemanfaatannya agar tidak mengarah ke arah yang negatif,” pesan Hariyono.

 

Hariyono Ichsan, Dewan Guru Ponpes Wali Barokah
Hariyono Ichsan, Dewan Guru Ponpes Wali Barokah

Dalam menghadapi anak yang ketagihan bermain gadget, Hariyono berpesan agar orang tua bisa menjadi contoh bagi anaknya. “Orang tua harus menjadi contoh pengguna gadget yang baik kepada anaknya dan juga mengingatkan kepada anaknya untuk menertibkan ibadahnya agar terhindar dari efek negatif gadget,” ujar Hariyono.

Terkait kecanduan gadget, Thoyyibun menyarankan diadakan sarasehan keluarga. “Sarasehan atau musyawarah keluarga adalah hal yang penting untuk menghadapi anak yang terlanjur ketagihan gadget karena dengan sarasehan dapat ditemukan solusi yang membuat keluarga bisa harmonis sehingga anak dan orang tua happy berkat komunikasi berjalan bagus,” tambah Thoyyibun.

Untuk mengatasi rasa bosan anak, Hariyono juga berpesan agar keluarga bisa membuat kegiatan yang menyenangkan. “Untuk menghilangkan rasa bosan pada anak, orang tua bisa membuat acara-acara yang menyenangkan di rumah dan bila memungkinkan dapat makan bersama di luar rumah dengan tetap memperhatikan zona penyebaran covid-19 dan protokol kesehatan,” pesan Hariyono.

Saat penutupan webinar, Thoyyibun berpesan agar orang tua dapat mengontrol emosinya. “Orang tua dalam menghadapi anak-anaknya agar tetap mengontrol emosinya karena mendidik anak merupakan tanggung jawab orang tua,” pungkas Thoyyibun.

One comment

  1. Alhamdulillah,

    alhmd jzkh. semoga ke depannya webinar parenting seperti ini diadakan lagi. sangat penting bagi orang tua untuk mendapat banyak ilmu parenting yang jelas dan tepat sumbernya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *