Home / Seputar Jatim / Konsolidasi PC dan PAC LDII Kota Surabaya: Awal Langkah Baru
Konsolidasi PC-PAC LDII Kota Surabaya
Konsolidasi PC-PAC LDII Kota Surabaya

Konsolidasi PC dan PAC LDII Kota Surabaya: Awal Langkah Baru

Regenerasi yang baik mutlak diperlukan dalam suatu organisasi. Tanpa adanya regenerasi yang baik, sebuah organisasi tidak akan dapat bertahan lama, menghadapi perkembangan zaman yang demikian cepat. Contoh yang paling terkenal mungkin adalah kisah kerajaan Majapahit dengan mahapatihnya yang termasyur, Gajahmada. Menurut sejarah, dengan keberanian dan kecerdasan mahapatih yang kini namanya diabadikan menjadi nama salah satu perguruan tinggi negeri di Yogyakarta tersebut, Kerajaan Majapahit menemui masa kejayaannya. Daerah kekuasaan Majapahit bahkan menjurus sampai seluruh Asia Tenggara, bahkan India. Namun, konon regenerasi tidak berjalan dengan baik. Akibatnya, sepeninggal tokoh yang terkenal dengan sumpah palapanya itu, Majapahit kehilangan sosok yang demikian hebat, dan tidak ada yang mampu menggantikan beliau. Atau minimal tidak sebaik beliau. Alhasil, kejayaan yang dulu demikian terlihat, kini yang tersisa hanya reruntuhannya di Kabupaten Mojokerto, Jawa Timur, yang menjadi warisan budaya Indonesia.

Menyadari hal tersebut, DPD LDII Kota Surabaya menyiapkan beberapa strategi,untuk mengusahakan terciptanya regenerasi yang baik. Salah satunya dengan cara melakukan konsolidasi dan pembekalan Pengurus Cabang (PC) dan Pengurus Anak Cabang (PAC) LDII Korda Surabaya Utara, Jumat (20/11).

Bertempat di masjid Sabilul Muttaqin, jalan Bronggalan Sawah I / 15, acara yang dimaksudkan untuk memberikan bekal bagi pengurus baru PC dan PAC periode 2015-2020 tersebut mengundang beberapa unsur dari kepengurusan tiap PC dan PAC, yaitu dari unsur ketua, sekretaris, bendahara, serta tidak lupa perwakilan dari Bidang Organisasi, Kaderisasi dan Kelembagaan (OKK).

Acara dibuka dengan nasehat dan arahan dari Dewan Penasehat DPD LDII Kota Surabaya, Ir. H. Munawar. Dalam arahannya, Ir. H. Munawar menekankan, sebagai lembaga dakwah, LDII harus menekankan pada dakwah yang sejuk, dakwah yang mengedepankan budi pekerti yang luhur, bukan dakwah yang keras atau radikal. Dari dakwah yang sejuk dan budi luhur inilah, yang akan lebih efektif untuk mengenalkan tentang agama Islam dan mengajak umat untuk lebih memahami Islam. “Sebagaimana dicontohkan oleh Nabi Muhammad SAW, beliau selalu mengedepankan budi luhur dalam dakwahnya. Dalam suatu Alhadits diterangkan bahwa,dengan budi luhur, banyak yang memeluk Islam,” jelas Munawar.

Peserta konsolidasi PC-PAC LDII Korda Surabaya Utara
Peserta konsolidasi PC-PAC LDII Korda Surabaya Utara

Munawar menjelaskan, contohnya seorang janda tua buta pada zaman Nabi yang selama hidupnya selalu disuapi Nabi ketika makan. Kendati selalu diolok-olok oleh janda tersebut, Nabi tidak marah, justru tetap berbudi luhur. Setelah Nabi wafat, sahabat Abu Bakar yang menggantikan beliau untuk menyuapi janda tersebut pun mengetahui berbagai ejekan sang janda. Abu Bakar pun menjelaskan bahwa orang yang diejeklah yang menyuapi sang janda selama ini, yaitu Nabi Muhammad SAW. “Seketika itu juga sang janda langsung menangis dan menyatakan masuk Islam. Ini bukti bahwa dakwah yang sejuk dan budi luhur akan membuat orang lebih simpati terhadap Islam,” lanjut Munawar.

Rangkaian acara selanjutnya adalah arahan dari wakil ketua DPD LDII Kota Surabaya, H. Imam Pujiarto, S.Sos, M.Si. Senada dengan Munawar, Imam juga menekankan pada dakwah yang sejuk. “Tiap PC dan PAC diharapkan membuat kegiatan yang bermanfaat untuk masyarakat sekitar. Dengan begitu, Insya Allah dakwah menjadi lebih efektif,” tekan Imam. Selain mendapat arahan dan nasehat, para peserta juga mendapatkan materi yang tidak kalah pentingnya, yaitu pengenalan tentang Peraturan Organisasi (PO) dan Tata Kerja (Taja) DPD LDII Kota Surabaya, yang disampaikan oleh wakil sekretaris DPD LDII Kota Surabaya, dr. Riko Lazuardi.

Kendati disampaikan secara singkat, mengingat keterbatasan waktu, namun peserta tetap mendapatkan materi yang perlu ditekankan, khususnya masalah surat menyurat organisasi, sebagai bekal dalam perjuangan menjalankan masa bakti mereka.

Sebagai penutup acara adalah pelantikan pengurus PC dan PAC LDII Korda Surabaya Utara yang mencakup Kecamatan Tambak Sari, Bulak, Kenjeran, Semampir, Simokerto dan Krembangan, dan dilanjutkan penyerahan Surat Keputusan (SK) kepengurusan baru oleh Imam Pujiarto, mewakili Ketua DPD LDII Kota Surabaya yang saat itu berhalangan hadir. Selamat bertugas para pengurus baru, Semoga bisa memberikan kontribusi positif untuk kesejahteraan masyarakat, bangsa dan negara. (Riko Lazuardi)

Check Also

WhatsApp Image 2017-10-02 at 19.52.36

Tingkatkan Kualitas Mubaligh, LDII Jatim Gelar ToT Tahfidzul Quran

Guna mencetak generasi penerus bangsa yang profesional religius, para muballigh (red: penyampai agama) harus lebih …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *