Home / Nasional / LDII dan PMI Sukabumi Latih Adaptasi Kebiasaan Baru (AKB)

LDII dan PMI Sukabumi Latih Adaptasi Kebiasaan Baru (AKB)

Sukabumi, 27/07 – Palang Merah Indonesia (PMI) Kota Sukabumi terus bergerak bekerja sama dengan DPD LDII Kota Sukabumi memberikan edukasi protokol kesehatan penerapan new normal atau adaptasi kebiasaan baru. Salah satunya dilakukan di PC LDII Kec.Citamiang, Sukabumi, PMI memberikan pelatihan adaptasi new normal terhadap ratusan warga LDII.

“Adaptasi kebiasaan baru (ABK), saat ini PMI terus melakukan sosialisasi dan edukasi dalam upaya pencegahan dan penyebaran Covid-19 ke berbagai segmentasi masyarakat,” ujar Kepala PMI Kota Sukabumi Drh.Suranto Sumowiryo, 03/07.

Salah satunya yang menjadi perhatian dan prioritas PMI adalah warga LDII PC Citamiang di Masjid At-Tarfi di Kota Sukabumi. Sebab lanjut Drh Suranto Sumowiryo, setiap warga merupakan kelompok yang sangat rentan dan berisiko terhadap penularan Covid-19. Oleh karena itu PMI memberi perhatian khusus dalam upaya pencegahan penyebaran di kelompok tersebut.

Drh.Suranto Sumowiryo menuturkan, masjid dan rumah ibadah lainnya merupakan lokasi sensitif dan bila kurang dijaga kebersihannya, berpotensi menjadi media penyebaran virus. Untuk itu perlu penerapan protokol kesehatan seperti menjaga jarak sosial atau fisik. Walaupun saat ini masjid dan rumah ibadah lainnya di Sukabumi ini sudah diterapkan standar protokol kesehatan pencegahan Covid-19, namun pihaknya mengingatkan kembali khususnya untuk warga LDII PC Citamiang agar tetap berhati-hati. Khususnya untuk selalu menjaga kesehatan dan menerapkan pola perilaku hidup bersih dan sehat (PHBS) selama berada hidup bermasyarakat.

Ketua DPD LDII Kota Sukabumi Komarudin menyambut baik diadakannya kegiatan edukasi tersebut. Komarudin berharap kegiatan ini bisa terus berjenjang dan dilakukannya minimal satu bulan sekali. Hal ini untuk memberikan penyadaran dan praktek bagaimana menjaga hidup bersih dan sehat dalan upaya pencegahan Covid-19.

Pelatihan kali ini merupakan upaya mencegah penyebaran virus corona. Di antararanya yang dilakukan dengan menggelar kegiatan edukasi Perilaku Hidup Bersih dan Sehat (PHBS) dan simulasi praktek langkah cuci tangan yang benar kepada warga LDII PC Citamiang, “Salah satu langkah antisipasi yang baik dan kunci untuk mencegah Covid-19 adalah dengan menerapkan PHBS juga dengan rajin mencuci tangan,” ujarnya.

Upaya lainnya dengan melakukan penyemprotan disinfektan di area masjid atau rumah ibadah terutama pada fasilitas dan kamar mandi dan tempat wudhu yang dipakai bersama. PMI memberikan paket Covid-19 kit atau paket kebersihan dukungan program dari PMI Pusat, Palang Merah Amerika (Amcross) dan USAID dalam rangka mendukung operasi pencegahan Covid-19.  [LC/rk]

Check Also

Pendidikan Karakter, Saatnya Fokus pada Subyek

Pendidikan Karakter, Saatnya Fokus pada Subyek

LDII memandang penting pembangunan karakter. Ini disampaikan dalam Konferensi Pers jelang peluncuran platform e-learning pondokkarakter.com. …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *