Home / Nasional / LDII Jatim Terima Kunjungan MUI DKI Jakarta
Komisi Dakwah MUI DKI Jakarta memberikan cinderamata di kunjungannya kepada DPW LDII Jawa Timur, Kamis (2/11).
Komisi Dakwah MUI DKI Jakarta memberikan cinderamata di kunjungannya kepada DPW LDII Jawa Timur, Kamis (2/11).

LDII Jatim Terima Kunjungan MUI DKI Jakarta

Dewan Pimpinan Wilayah Lembaga Dakwah Islam Indonesia (DPW LDII) Jawa Timur menerima kunjungan Komisi Dakwah Majelis Ulama Indonesia (MUI) DKI Jakarta di kantor DPW LDII Jawa Timur, Gayungan, Surabaya, Kamis (2/11).

Kegiatan tersebut merupakan rangkaian kunjungan kerja MUI DKI Jakarta di Kota Surabaya. Beberapa lokasi yang dikunjungi MUI DKI Jakarta diantaranya Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya (UINSA), MUI Jawa Timur, dan terakhir di DPW LDII Jawa Timur.

Sekretaris Bidang Pemberdayaan MUI DKI Jakarta Drs. H. Abi Ichwanuddin, M.Si saat di Kantor DPW LDII Jawa Timur menyampaikan, kunjungan kerja ini adalah wujud silaturahim, menyapa saudara-saudara di Jawa Timur, salah satunya LDII.

“Di Jakarta sendiri LDII dan MUI DKI Jakarta sudah biasa melakukan kegiatan-kegiatan sampai di tingkat kota dan kabupaten. Begitu pula MUI DKI Jakarta mengadakan kegiatan selalu mengundang rekan-rekan kami LDII,” kata Abi.

Sementara itu Ketua Komisi Dakwah MUI DKI Jakarta KH. Zarkasih Saiman mengatakan, kunjungan kerjanya di Surabaya untuk mewujudkan satu program yang harus dimiliki bukan hanya kepentingan MUI saja melainkan juga untuk kepentingan seluruh umat Islam terutama organisasi Islam termasuk LDII.

“LDII merupakan lembaga dakwah yang memiliki strategi dakwah dan visi misi yang sama yaitu untuk mensyiarkan agama Allah SWT di bumi Indonesia, mempertahankan NKRI, Pancasila, UUD 1945 dan Bhinneka Tunggal Ika. Kalau kita semuanya bersatu dengan satu tujuan meskipun berbeda kendaraan  kita akan mengalami kejayaan umat Islam di Indonesia,” kata Zarkasih.

Zarkasih menceritakan begitu pentingnya Komisi Dakwah di MUI. Salah satunya sebagai corong syiar agama Islam. “Masyarakat Jakarta berbeda dengan di Jawa Timur. Tantangan utama adalah masyarakatnya, kemudian cara menghadapi masyarakatnya, karena Jakarta termasuk penduduk yang heterogen,” ungkap Zarkasih.

Menghadapi tantangan tersebut tentunya para ulama dan dai mensyiarkan agama Islam melalui dakwah dengan baik sehingga bisa diterima masyarakat dan membantu menjaga kerukunan antar umat beragama.

Wakil Ketua DPW LDII Jawa Timur  H. Bambang Raditya Purnomo, MM mengatakan dakwah agar bisa diterima masyarakat LDII telah mencanangkan green dakwah. “Dakwah yang sejuk, santun, tidak menjatuhkan kelompok lain, sehingga dakwah kami bisa diterima masyarakat,” kata Raditya.

Untuk menjalankan program tersebut, tambah Raditya, LDII bekerjasama Fakultas Hukum dan Syariah UINSA dalam menyelenggarakan Diklat Dakwah dan Fiqh yang sudah berjalan hingga angkatan ke-6.

“Setiap tahunnya LDII mengirimkan para dai untuk mengikuti Diklat Dakwah dan Fiqh dengan narasumber dari MUI Jawa Timur, Muhammadiyah Jawa Timur, LDNU Jawa Timur, Polda Jawa Timur, Kodam V/Brawijaya, dan UINSA. Hal ini juga menunjukkan bahwa LDII tidak eksklusif, LDII belajar ilmu kepada siapa saja,” terang Raditya.

Kunjungan Komisi Dakwah MUI DKI Jakarta merupakan suatu penghormatan bagi DPW LDII Jawa Timur. Ketua DPW LDII Jawa Timur H. Ec. Amien Adhy berjanji akan berkunjung dan bersilaturahim ke Kantor MUI DKI Jakarta. (Sofyan Gani)

Check Also

Brigjen Pol Amrin Remico (kiri) dan Brigjen Pol Fatkhur Rahman di acara pamit kenal Kepala Badan Narkotika Provinsi (BNNP) Jawa Timur, Selasa (14/2).

Indonesia Darurat Narkoba, BNNP Jatim Tingkatkan Kerjasama dan Kerja Keras

Peredaran dan pengguna narkoba di Provinsi Jawa Timur saat ini meningkat 2,2 persen bahkan termasuk …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *