Home / Edukasi / LDII Tularkan Maktabah Syamilah pada Generasi Muda
Pelatihan Maktabah Syamilah PC LDII Kenjeran yang diselenggarakan di Aula Masjid At-taqwa, Wonokusumo, Surabaya, Rabu (9/3/2016).
Pelatihan Maktabah Syamilah PC LDII Kenjeran yang diselenggarakan di Aula Masjid At-taqwa, Wonokusumo, Surabaya, Rabu (9/3/2016).

LDII Tularkan Maktabah Syamilah pada Generasi Muda

Kehadiran perangkat lunak (software) Maktabah Syamilah telah memudahkan mencari rujukan Ayat Al-Quran maupun dalil dari Al-Hadits oleh sebagian besar ulama.

Salah satu yang telah memanfaatkan Maktabah Syamilah adalah PC LDII Kenjeran. Mereka menggelar Pelatihan Maktabah Syamilah untuk generasi muda LDII yang diselenggarakan di Aula Masjid At-taqwa, Wonokusumo, Surabaya, Rabu (9/3/2016).

Peserta pelatihan cukup antusias, mulai remaja, mubaligh, mubalighot hingga orang tua turut hadir. Peserta diajarkan mulai dari menginstal software Maktabah Syamilah hingga cara mengoperasikannya.

Dengan hadirnya Perpustakaan Kitab Digital ini cukup membantu para mubaligh, mubalighot dan ulama untuk mencari rujukan dalil dari Al-Quran maupun Al-Hadits beserta kedudukan sanad dan matannya.

Ketua PC LDII Kenjeran, Agus Djatmiko, SKom, QIA., mengatakan Pelatihan Maktabah Syamilah ini sangat penting untuk dilaksanakan guna mendukung kegiatan-kegiatan di Majelis Taklim, terutama ditujukan pada Remaja Masjid terkait dengan surat menyurat dalam bahasa Arab.

“Software Maktabah Syamilah juga membantu remaja masjid untuk pembuatan materi tausiah beserta kelengkapan dalil-dalil Hadits. Karena di dalam software Maktabah Syamilah ini sangat lengkap rujukannya baik dari Al-Quran, Kutubusittah dan Hadits-Hadits lainnya,” tutur Djatmiko.

Namun demikan, Djatmiko mengatakan Maktabah Syamilah hanya untuk mencari rujukan, untuk keabsahan ilmu harus tetap didampingi guru yang mengajar.

Penulis: Djatmiko
Editor: Widi Yunani

Check Also

Tausiyah Kebangsaan LDII bekerjasama MUI dan Polda Jawa Timur di Aula Pondok Sabilurrosyidin Annur, Gayungan, Surabaya, Minggu (20/6).

Tausiah Kebangsaan: Atasi Degradasi dan Perkuat Silaturrahim

Ketua DPW LDII Jawa Timur KH. Moch. Amrodji Konawi menyatakan, akhir-akhir ini di media massa …

4 comments

  1. Assalamualaikum saudaraku bisa Amsol ga Aplikasinya dooonk biar tambah pahala utk MT2 Cikarang’ Aljzkrh

  2. Memang software makatabah syamilah cukup membantu dalam pencarian dalil-dalil ketika kita lupa matan secara keseluruhan, cukup menulis beberapa kalimat maka akan di beri list hadist yang mirip dengan kata kunci yang kita cari…inysa alloh remaja ldii kediri juga sudah mulai di perkenalkan dengan software tersebut

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *