Home / Seputar Jatim / Melalui Gerakan Pramuka, Sako SPN Wujudkan Karakter Bangsa
Sako Prasetyo

Melalui Gerakan Pramuka, Sako SPN Wujudkan Karakter Bangsa

Satuan Komunitas Pramuka Daerah Sekawan Persada Nusantara (Sakoda SPN) Jawa Timur menggelar Diklat Kepengurusan yang diikuti 12 Satuan Komunitas Pramuka Cabang kabupaten/kota di Jawa Timur, Minggu (1/10). Diklat yang diselenggarakan di Aula Ponpes Sabilurrosyidin Surabaya juga dihadiri pengurus Kwartir Daerah (Kwarda) Jawa Timur dan Sakonas SPN.

Dalam kesempatannya Ketua Majelis Pembimbing (Mabi) Sakoda SPN Jawa Timur H. Hasan Yuswadi menyampaikan tujuan diadakannya Diklat Kepengurusan Sako SPN ini, salah satunya membangun karakter pemuda melalui gerakan pramuka.

“Diantara pemuda yang bisa berbaris dengan yang tidak bisa berbaris itu lebih sigap pemuda yang bisa berbaris. Oleh karena itu kami berkoordinasi dengan Sakocab di Jawa Timur berkomitmen membangun generasi yang berkarakter salah satunya melalui gerakan pramuka,” kata Hasan.

Menurut Hasan karakter kebangsaan saat ini mulai menipis. Ia berharap generasi muda harus memiliki kejujuran dan daya saing yang kuat. Oleh karena itu ia berharap kakak-kakak pembina dapat memberikan materi-materi yang bisa diimplementasikan dalam kehidupan sehari-hari.

Sementara itu, Wakil Ketua Kwarda Jawa Timur Bambang S.W mengatakan kegiatan Diklat Orientasi Sako SPN seperti sangat diperlukan karena anggotanya akan dibekali pengetahuan, terutama bagaimana membina, menyusun program dan menjalankan program itu sendiri.

“Insya allah pembina-pembina yang saat ini menjadi peserta didik tahun depan kita akan diklat sebagai pembina mahir karena zaman terus berkembang kami ingin pembina ini terus berkembang. Bagaimana pembina bisa ikut mengajak anak didiknya menemukan solusi. Oleh karena itu inovasi dan kreativitas pembina tidak boleh terhenti tetapi terus berkembang,” kata Bambang.

Penulis: Sofyan Gani

Check Also

Dra. Hj. Fatma Saifullah Yusuf, Ketua BKOW Jatim saat menjadi keynote speaker Seminar Wanita DPW LDII Jatim, Minggu (24/9), di Aula Ponpes Sabilurrosyidin, Surabaya.

LDII Jatim Perangi Narkoba melalui Keluarga Sadar Hukum

Dalam upaya mencegah penyalahgunaan narkoba, Dewan Pimpinan Wilayah Lembaga Dakwah Islam Indonesia Provinsi Jawa Timur …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *