Home / Seputar Ramadhan / Ramadhan, Jangan Sampai Terpisah dengan Al Quran

Ramadhan, Jangan Sampai Terpisah dengan Al Quran

Bulan Ramadhan ialah Syahrul Quran (bulan Al Quran). Maka ramaikanlah dan hiasilah bulan Ramadhan dengan banyak membaca Al Quran serta berusaha mengkhatamkannya.

Allah SWT berfirman, “Bulan Ramadhan adalah bulan yang sangat memiliki keutamaan yang luar biasa karena di dalam bulan itulah Al Quran diturunkan oleh Allah kepada Nabi Muhammad SAW.”

Nabi Muhammad SAW mencontohkan bahwa bulan Ramadhan adalah bulan yang sepantasnya bagi kita sebagai umat Islam untuk membaca Al Quran.

Dalam HR Shahih Bukhari, setiap bulan Ramadhan Nabi Muhammad membaca Al Quran menyimakkannya kepada Malaikat Jibril satu kali Khatam. Ketika Nabi Muhammad SAW mendekati atau tahun terakhir menjelang wafatnya mengkhatamkannya dua kali dan murojaah Al Quran bersama malaikat Jibril AS.

Hal Ini menjadi contoh suri tauladan bagi kita sebagai umat Rasulullah SAW untuk belajar untuk menjadi ahli Quran khususnya di bulan Ramadhan. Ini merupakan salah satu keutamaan bagi umat Islam karena Rasulullah SAW bersabda, “Ahli Quran adalah ahlinya Allah dan pilihannya Allah.”

Maka marilah kita pahami bersama tentang ahli Al Quran. Salah satunya ialah orang yang banyak membaca Al Quran sebagaimana Allah telah mensifati di dalam ayat Al Quran, “Ketahuilah Allah telah memuji ulama-ulama terdahulu yang berdiri (mengerjakan shalat) lama di waktu malam dengan membaca ayat-ayat Allah SWT.”

Rasulullah SAW bersabda, “Di dalam dunia ini tidak ada yang perlu dikejar, tidak ada hasut, tidak ada keinginan yang sama kecuali dua hal, salah satunya seorang laki-laki oleh Allah SWT diberikan kemampuan membaca, memahami Al Quran dan mereka berdiri lama di waktu malam dan di waktu siang malam mereka membaca Al Quran.“

Oleh karena itu di bulan ramadhan kita jangan sampai terpisah dengan Al Quran. Karena Al Quran diturunkan oleh Allah agar kita bisa tadabbur (mengkaji), menghayati, memahami isi Al Quran.⁠⁠⁠⁠

Sumber: ldii.tv

Check Also

Ketua Umum DPP LDII Abdullah Syam memberikan sambutan di Silaturahim Syawal 1437 H di Gedung DPP LDII.

Perkuat Ukhuwah Islamiyah, LDII Gelar Silaturahim Syawal

Untuk meningkatkan ukhuwah Islamiyah DPP LDII menggelar Silaturahim Syawal 1437 H di Gedung DPP LDII, …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *