Home / Seputar Ramadhan / Selamat Datang Ramadhan

Selamat Datang Ramadhan

Selamat Datang Ramadhan. Marhaban Yaa Ramadhan 1437 H

Dengan sifatnya Yang Maha Pengasih lagi Maha Penyayang, Allah yang Maha Besar dan Maha Kuasa senantiasa melimpahkan karunia dan nikmat yang tak terhingga kepada kita. Alhamdulillahirobbil ‘aalamin. Puji syukur kita panjatkan kepada-Nya, dan dengan karunia-Nya itu pula sebentar lagi kita akan melaksanakan kewajiban ibadah puasa di bulan Ramadhan 1437 H. Berjumpa dengan bulan Ramadhan dan Lailatul Qadar adalah dambaan setiap insan yang bertaqwa.

Ramadhan 1437 H yang akan kita tempuh ini semoga mengantarkan kita pada kemenangan, kemenangan melawan hawa nafsu, kemenangan bangsa ini dalam melawan berbagai macam krisis, kemenangan umat Islam dalam melawan perselisihan, percekcokan antara sesama umat Islam, kemenangan bangsa ini dalam menghadapi situasi dan kondisi yang menguji kita selama sebulan penuh, dalam Bulan Kesabaran nanti. Oleh karena itu, bulan Ramadhan marilah kita jadikan sebagai  momentum untuk kembali kepada Allah sehingga mencapai kemenangan yang hakiki.

Setiap Ramadhan, para Ulama mengingatkan dan menegaskan kembali kepada kita, Umat Islam, tentang program ibadah Lima Sukses Ramadhan. Dalam bulan Ramadhan, tidak hanya puasa namun banyak sekali amalan sunnah yang sangat besar pahalanya. Seyogyanya kita tidak terlena dan menyia-nyiakan serta melewatkan peluang ibadah dan amalan-amalan di bulan suci tahun ini.

Program ibadah Lima Sukses Ramadhan tersebut meliputi: Sukses Puasa Ramadhan, Sukses Shalat Tarawih, Sukses Tadarus Al-Qur’an, Sukses Iktikaf dan Lailatul Qadar, dan Sukses Zakat, Infaq dan Shadaqah.

1. Sukses Puasa Ramadhan

Puasa Ramadhan adalah kewajiban yang tidak boleh ditinggalkan oleh setiap Muslim. Sukses puasanya penuh satu bulan, tanpa di kotori dengan segala hal yang dapat merusak kesempurnaan puasa, seperti menggunjing, berbohong, menghabiskan waktu dengan sesuatu yang tidak berpahala, dan lain lain.

Rasulullah SAW bersabda,

مَنْ صَامَ رَمَضَانَ إِيْمَانًا وَاحْتِسَابًا غُفِرَ لَهُ مَا تَقَدَّمَ مِنْ ذَنْبِهِ *رواه البخاري كتاب الإيمان

“Barang siapa berpuasa pada bulan Ramadhan karena iman dan mencari pahala dari Allah, maka diampuni apa-apa yang telah lewat dari dosanya.”

2. Sukses Shalat sunnah Tarawih

Sukses Shalat sunnah Tarawihnya, yakni, dapat shalat tarawih berjama’ah, dan meningkatkan shalat-shalat sunnah lainnya yang di hari atau bulan selain Ramadhan tidak dilakukan.

3. Sukses tadarus Al-Qur’an

Setiap dari muslim yang sudah lancar bacaannya dapat khatam bacaan 30 juz minimal selama satu kali di bulan Ramadhan ini, dan yang belum lancar bacaannya diharapkan dapat lebih giat lagi belajar dan berusaha sehingga saat selesai Ramadhan bacaannya sudah lancar dan kemampuan membaca Al-Qur’an juga meningkat.

4. Sukses Iktikaf dan Lailatul Qadar

Sukses Iktikafnya, terutama di sepuluh hari terakhir bulan Ramadhan untuk meraih Lailatul Qadar. Pada sepuluh malam terakhir di bulan Ramadhan dapat melaksanakan beribadah semalam suntuk atau Iktikaf di dalam masjid. Lailatul Qadar jatuh diantara sepuluh hari terakhir bulan Ramadhan. Beribadah dalam Malam Qadar pahalanya melebihi beribadah selama seribu bulan.

5. Sukses Zakat Fitrah

Sukses Zakat Fitrah, Infaq dan Shadaqahnya, karena semua amalan di bulan Ramadhan ini akan sia-sia (tidak sampai kepada Allah) jika Zakat Fitrahnya tidak tertunaikan atau terlambat ditunaikan.

Penulis: Imam Pujiarto
Editor: Sofyan Gani

Check Also

Keutamaan dan Keistimewaan Lailatul Qadar

Keutamaan dan Keistimewaan Lailatul Qadar

Allah telah memberikan keutamaan yang besar kepada umat Rasulullah SAW yang tidak diberikan kepada umat-umat …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *