Home / Edukasi / Semangat Ulama LDII Belajar Bahasa Arab
Ulama LDII sedang belajar bahasa Arab
Ulama LDII sedang belajar bahasa Arab

Semangat Ulama LDII Belajar Bahasa Arab

Seorang ulama identik dengan tingkat keilmuan agama yang mumpuni. Selanjutnya agar tak menimbulkan pengertian ganda tentang sebuah ilmu, ulama pun memerlukan kemampuan menyampaikan ilmunya dengan baik, jelas, dan lugas.
Salah satu cara adalah melalui pembelajaran bahasa Arab. Seperti yang dilakukan para ulama di salah satu masjid Lembaga Dakwah Islam Indonesia (LDII) PC Sukodono, Kabupaten Sidoarjo, Jumat (27/11).

Sekitar 65 orang ulama mengikuti pembelajaran bahasa Arab yang diajarkan oleh Syekh Kholil, salah satu ulama besar LDII. Materi pembelajaran juga meliputi nahwu shorof.

Saat menyampaikan materi nahwu shorof, Syekh Kholil mengawali dengan memperkenalkan kalimat fiil (kata kerja), dan kalimat isim (kata benda). Pengucapan huruf sesuai makhroj juga menjadi salah satu ajaran. Kemudian Syekh Kholil memberi contoh satu per satu.

“Dengan ilmu nahwu shorof ini akan mempermudah dalam mengartikan Al-Qur’an dan Al-Hadits,” tutur Syekh Kholil yang kala itu mengenakan peci putih.

Lebih lanjut Syekh Kholil menjelaskan, bahwa bahasa Arab sangat kompleks, beda huruf akan berbeda makna. Jumlah huruf atau pengaruh harokat dalam bahasa Arab akan menimbulkan makna berbeda pula.

Karena itu ilmu Nahwu Shorof sangat penting agar ilmu yang disampaikan sesuai dengan pengertian dan maksudnya. Hal ini amat membantu sistem pengajaran di pengajian LDII, dimana sistem pembelajaran kepada santri dilakukan dengan mengartikan tiap kata dari bahasa Arab dalam Al-Quran dan Al-Hadits. Tujuannya agar santri bisa memahami maksut dari sebuah ayat. (Ita/Riris)

Check Also

WhatsApp Image 2017-10-02 at 19.52.36

Tingkatkan Kualitas Mubaligh, LDII Jatim Gelar ToT Tahfidzul Quran

Guna mencetak generasi penerus bangsa yang profesional religius, para muballigh (red: penyampai agama) harus lebih …

One comment

  1. Ass Wr Wb, saya satrio dari sidoarjo, mohon infonya apa saya bisa mengikuti belajar nahwu shorof. kalau bisa hari apa dan jam berapa? Saya dari kelurahan lemah putro dan ingin mengisi waktu pensiun saya dengan belajar bahasa arab. demikian Jazakumullohi khoiroh

    Satrio

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *