Home / Seputar Jatim / Sinergi Pemprov dan TNI Dorong Percepatan Kesejahteraan Jawa Timur
Mayjen TNI I Made Sukadana menerima cinderamata dari Wakil Gubernur Jawa Timur Saifullah Yususf di malam pisah sambut serah terima jabatan Pangdam V/Brawijaya, Rabu (26/4).
Mayjen TNI I Made Sukadana menerima cinderamata dari Wakil Gubernur Jawa Timur Saifullah Yususf di malam pisah sambut serah terima jabatan Pangdam V/Brawijaya, Rabu (26/4).

Sinergi Pemprov dan TNI Dorong Percepatan Kesejahteraan Jawa Timur

TNI tidak hanya bertugas di bidang pertahanan, akan tetapi ikut serta membantu pembangunan bangsa. Inilah yang sudah dilakukan Kodam V/Brawijaya.

Hal ini disampaikan Wakil Gubernur Jawa Timur Saifullah Yusuf (Gus Ipul) pada acara malam pisah sambut serah terima jabatan Pangdam V/Brawijaya dari Mayjen TNI I Made Sukadana kepada Mayjen TNI Kustanto Widiatmoko di Gedung Balai Prajurit, Surabaya, Rabu (26/4).

Gus Ipul mengatakan Kodam V/Brawijaya telah nyata-nyata melaksanakan tugas dengan baik salah satunya membatu percepatan kesejahteraan masyarakat Jawa Timur.

“Keluarga besar Kodam V/Brawijaya turut membantu tugas Pemerintah Provinsi dalam pembangunan rumah tidak layak huni yang saat ini sudah mencapai 100 ribu lebih,” kata Gus Ipul.

Gus Ipul menambahkan, kehadiran TNI sangat dibutuhkan dalam proses pembangunan rumah tidak layak huni secara gotong royong antara TNI dengan warga sehingga dapat menghemat anggaran.

Tidak hanya itu, pemerintah provinsi Jawa Timur juga menggandeng Koarmatim dan Lantamal V Surabaya untuk membangun rumah tidak layak huni di pesisir pantai.

“Kerjasama ini dinilai baik oleh pemerintah pusat. Kami sebagai saksi bagaimana bapak Mayjen TNI I Made Sukadana dalam waktu tugas 9 bulan melakukan lebih dari semestinya,” imbuhnya.

Pemerintah Provinsi Jawa Timur juga bersinergi dengan Polda Jawa Timur, Kejaksaan Tinggi Jawa Timur dan jajaran Forpimda. Gus Ipul berharap kesejahteraan Jawa Timur maju lebih cepat di lima tahun mendatang.

“Satu diantaranya yang saat ini menjadi PR, perkembangan ekonomi Jawa Timur selalu di atas rata-rata, tapi kemiskinan juga diatas rata-rata. Maka ada perintah dari pak Presiden Jokowi agar kita memperkuat dalam pembangunan di tingkat pedesaan khususnya pada pelayanan infrastruktur darat, pelayanan kesehatan dan pendidikan,” tegasnya.

Oleh karena itu program Pemerintah Jawa Timur akan menambahkan sarana air bersih, perbaikan gizi dan pendidikan bagi anak yang tinggal di rumah tidak layak huni tersebut.

Gus Ipul menyampaikan selamat datang kepada Mayjen TNI Kustanto Widiatmoko sebagai Pangdam V/Brawijaya yang baru. Pemerintah Provinsi Jawa Timur menyambut suka cita dan siap bersinergi, menjalin kerjasama untuk memajukan Provinsi Jawa Timur.

Ketua DPW LDII Jawa Timur Amien Adhy (kiri) bersama Pangdam V/Brawijaya Mayjen TNI Kustanto Widiatmoko (tengah) usai malam pisah sambut serah terima jabatan Pangdam V/Brawijaya, Rabu (26/4).
Ketua DPW LDII Jawa Timur Amien Adhy (kiri) bersama Pangdam V/Brawijaya Mayjen TNI Kustanto Widiatmoko (tengah) usai acara malam pisah sambut serah terima jabatan Pangdam V/Brawijaya, Rabu (26/4).

Pada kesempatan yang sama Mayjen TNI I Made Sukadana mengatakan, selama menjalankan tugas sebagai Pangdam V/Brawijaya, sembilan bulan tidak terasa baginya. “Saya merasa cepat sekali kayaknya baru kemarin saya menjabat Pangdam V/Brawijaya, mungkin dikarenakan banyak dinamika di lapangan selama bertugas,” kata Sukadana yang akan menginjak masa pensiun di bulan Mei ini.

Ia sangat senang Kodam V/Brawijaya bisa menjalin kerjasama dengan Pemerintah Provinsi Jawa Timur. Tentunya dalam menjalankan tugas akan menambah pengalamannya.

“Berkat kerjasama, kebersamaan, dan saling pengertian khususnya di jajaran Forpimda sehingga kondisi di Jawa Timur cukup kondusif,” pungkasnya.

Menurut Sukadana, Kodam V/Brawijaya bersama Pemerintah Provinsi Jawa Timur dengan program pembangunan rumah tidak layak huni sebagai wujud TNI dekat dengan rakyat dan TNI manunggal dengan rakyat.

Sukadana juga mengucapkan selamat kepada Mayjen TNI Kustanto Widiatmoko yang melanjutkan tugasnya sebagai Pangdam V/Brawijaya. Atas pengalaman Mayjen TNI Kustanto Widiatmoko yang sebelumnya menjabat Pangdam IX/Udayana. Sukadana yakin ia dapat meneruskan tugasnya dan tentu bisa menyelesaikan tugasnya dengan baik. (Sofyan Gani)

Check Also

MoU BNN-LDII

Komitmen Bersih Narkoba, LDII dan BNNP Jatim Tandatangani MoU

Kepala Badan Narkotika Nasional Provinsi Jawa Timur (BNNP Jatim) Brigjen Pol Fatkhurrahman, SH, MH mengatakan, …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *