Home / Tekno / Tips Password Aman dari Serangan Hacker
foto: www.hngn.com
foto: www.hngn.com

Tips Password Aman dari Serangan Hacker

Maraknya kasus retas akun email ataupun media social selama ini cukup meresahkan. Apalagi didalam email maupun media social terdapat data-data penting atau yang bersifat privacy.

Dalam hal ini Territory Channel Manager Kaspersky SEA – Indonesia, Dony Koesmandarin membagikan tips password agar aman dari serangan hacker, dalam acara Menyoroti Keamanan Tren Teknologi Bisnis di 2016 di Jakarta, Kamis (11/2/2016).

Dony juga mengatakan bahwa social engineering merupakan metode paling ampuh untuk membobol password hingga saat ini.b Sekitar 40 persen hacker tidak membobol password dengan cara teknis. Mereka lebih memilih untuk melakukan social engineering dan memancing korbannya untuk menyebutkan password-nya,” ujar Dony.

Password merupakan benteng utama untuk mengakses berbagai akun layanan digital. Tak mengherankan bila password menjadi target para hacker. Namun, bagaimana sebaiknya membuat password yang aman? Berikut adalah tips dari Dony:

1. Buat password dengan panjang minimal 8 karakter
Panjang password akan membantu kita aman dari ancaman hacker, karena password yang panjang akan lebih sulit diketik serta dibobol.

2. Gunakan kombinasi huruf, angka, dan karakter spesial
Password yang kuat adalah password yang menggunakan huruf, angka, serta karakter spesial. Meski demikian, jangan gunakan kata yang sudah terlalu umum yang dimodifikasi, contohnya: P@ssw0rd.

3. Jangan gunakan password yang sama untuk semua akun
Salah satu kelemahan pemilik akun adalah memiliki banyak akun namun tidak ingin repot. Akhirnya mereka menggunakan password yang sama di semua akun yang dimiliki. Jika satu diketahui, maka semua akun akan sangat mudah dibobol.

4. Gunakan aplikasi password manager
Jika Anda merasa bahwa menggunakan password yang berbeda di setiap akun yang dimiliki sangat merepotkan, Anda dapat menggunakan aplikasi password manager agar Anda tidak perlu mengingat semua password yang dimiliki.

sumber: metrotvnews.com

Check Also

Foto: socialmediaweek.org

Instagram akan Luncurkan Fitur Baru ‘Video Views’

Jejaring sosial spesialis foto dan video, Instagram, selalu berupaya mengembangkan produknya untuk memanjakan para konsumen. …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *