Home / Dakwah / Al-Qur’an sebagai Penenang Hati

Al-Qur’an sebagai Penenang Hati

Dalam sebuah kehidupan seseorang mengharapkan kehidupan yang tenang, kehidupan yang nyaman dan kehidupan yang bahagia. Padahal dalam kehidupan kita merasakan kehidupan yang tidak tenang, kehidupan yang tidak nyaman dan kehidupan yang tidak bahagia. Sebaliknya kita juga merasakan kehidupan yang tenang kehidupan yang nyaman dan kehidupan yang bahagia.

Kebahagiaan seseorang ditentukan dengan cara mensucikan jiwanya kepada Allah SWT. Praktik mensucikan jiwa dengan cara mendekatkan diri kepada Allah SWT. Diantaranya memperbanyak membaca Al-Qur’an. Seseorang yang memperbanyak membaca Al-Qur’an, Allah SWT akan menjamin kehidupan yang tenang, nyaman, dan bahagia. Al-Qur’an adalah sebagai penenang hati. Ini berdasarkan firman Allah dalam Surah Ar-Ra’du ayat 28 Allah berfirman:

اَلَّذِيۡنَ اٰمَنُوۡا وَتَطۡمَٮِٕنُّ قُلُوۡبُهُمۡ بِذِكۡرِ اللّٰهِ‌ ؕ اَلَا بِذِكۡرِ اللّٰهِ تَطۡمَٮِٕنُّ الۡقُلُوۡبُ

Artinya:

(Yaitu) orang-orang yang beriman dan hati mereka menjadi tenteram dengan mengingat Allah. Ingatlah, hanya dengan mengingat Allah hati menjadi tenteram.

Ayat ini menunjukkan bahwa ketenangan hati, kenyamanan hati, dan kebahagiaan salah satunya disebabkan dengan memperbanyak membaca Al-Qur’an. Dan alasan Al-Qur’an adalah sebagai obat segala penyakit yang ada di dalam hati yaitu hati yang ragu-ragu, tidak tenang, dan tidak bahagia. Sebagaimana manfaatnya membaca Al-Qur’an hal ini telah disampaikan dalam firman Allah surah Yunus ayat 57:

يٰۤاَيُّهَا النَّاسُ قَدۡ جَآءَتۡكُمۡ مَّوۡعِظَةٌ مِّنۡ رَّبِّكُمۡ وَشِفَآءٌ لِّمَا فِى الصُّدُوۡرِۙ وَهُدًى وَّرَحۡمَةٌ لِّـلۡمُؤۡمِنِيۡ

Artinya:

Wahai manusia! Sungguh, telah datang kepadamu pelajaran (Al-Qur’an) dari Tuhanmu, penyembuh bagi penyakit yang ada dalam dada dan petunjuk serta rahmat bagi orang yang beriman.

Al-Qur’an adalah sebagai obat dari segala penyakit yang ada di dalam hati. Hati yang tidak tenang, tidak nyaman, dan tidak bahagia semua bisa terobati dengan memperbanyak membaca Al-Qur’an. Dengan memperbanyak membaca Al-Qur’an ini menunjukkan bahwa siapapun orangnya yang telah menyibukkan dirinya dengan membaca Al-Qur’an maka Allah SWT akan mencukupi kehidupannya walaupun tanpa diminta,  Allah SWT akan mencukupi apalagi memperbanyak membaca Al-Qur’an kemudian disertai dengan permintaan-permintaan sederhana apa yang menjadi keperluan kita.

Seseorang akan merasa bahagia ketika apa yang menjadi keperluan semua tercukupi oleh Allah SWT. Ketika Allah SWT memenuhi kebutuhan kita, maka Allah SWT menghendaki kebaikan. Untuk itu kita perlu melatih diri kita untuk cinta dan rajin membaca Al-Qur’an. Adapun langkah-langkahnya sebagai berikut:

Yang pertama, siapkan Al-Qur’an yang istimewa, yang termahal, dan yang terbaik. Sebab ketika kita mempunyai sesuatu yang baik kita selalu ingin mendekatinya, dan melihatnya. Karena sesuatu itu adalah sesuatu yang baik dan sesuatu yang terbaik bagi kita.

Yang kedua, ruang-ruang yang ada di dalam rumah kita seperti ruang tamu, ruang belajar dan kamar tidur dilengkapi dengan Mushaf Al-Qur’an. Sehingga saat kita ingin membaca Al-Qur’an kita tidak perlu kemana-mana.

Yang ketiga, kita memanfaatkan kecanggihan teknologi dengan mengunduh aplikasi Al-Qur’an. Sehingga dimanapun kita berada, ketika kita ingin membaca Al-Qur’an, kita bisa membacanya sewaktu-waktu.

Muslimin dan Muslimat yang dirahmati Allah SWT, semoga pada tahun ini kita semua bisa lebih semangat lagi di dalam membaca Al-Qur’an. Ada peningkatan-peningkatan di dalam kita membaca Al-Qur’an supaya mendapatkan kehidupan yang bahagia, tenang, dan nyaman. Aamiiin.

Check Also

Pentingnya Evaluasi Diri

Pentingnya Evaluasi Diri

Definisi orang yang cerdas dan kuat menurut Nabi Muhammad SAW adalah orang yang selalu mengevaluasi …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *