Home / Dakwah / Kewajiban Berpuasa Bagi Umat Islam
Kewajiban Berpuasa Bagi Umat Islam
Kewajiban Berpuasa Bagi Umat Islam

Kewajiban Berpuasa Bagi Umat Islam

Seperti apa hakikat hukum puasa Ramadan bagi umat Islam?

Bulan Ramadan adalah bulan yang penuh rahmat, magfirah, dan pahala yang berlipat yang mana semua orang tentu menginginkannya. Akan tetapi tidak semua orang bisa menikmati Bulan Ramadan 1442 H. Banyak orang-orang muslim yang meninggal terlebih dahulu karena pandemi ini.

Seperti firman Allah yang mewajibkan kita untuk berpuasa

يَٰٓأَيُّهَا ٱلَّذِينَ ءَامَنُوا۟ كُتِبَ عَلَيْكُمُ ٱلصِّيَامُ كَمَا كُتِبَ عَلَى ٱلَّذِينَ مِن قَبْلِكُمْ لَعَلَّكُمْ تَتَّقُونَ

Artinya: “Hai orang-orang yang beriman, diwajibkan atas kamu berpuasa sebagaimana diwajibkan atas orang-orang sebelum kamu agar kamu bertakwa.” (Surat Al-Baqaroh :183)

Adapun hikmah yang bisa diambil dari ayat ini yaitu Allah menegaskan bahwa berpuasa itu hukumnya wajib dari kalimat ۟ كُتِبَ عَلَيْكُمُ ٱلصِّيَام yang merupakan kalimat fi’il amr (kalimat perintah) kalau kita masih hidup, kita sehat maka sebagai umat Islam wajib melaksanakan puasa ramadan setiap tahunnya.

Dengan kita berpuasa, hasil akhir yang diraih ialah agar kita menjadi hamba Allah yang mutakin (orang yang bertakwa). Oleh karena itu, ketawaan membuat keimanan semakin bertambah dan lipatan pahala juga semakin bertambah.

Kalau kita tidak berhat-hati dalam menjalani ibadah puasa maka kita hanya mendapat rasa haus dan lapar. Sebab ketika berpuasa kita dilarang melakukan amal yang bisa membatalkan atau menggugurkan pahala meskipun tidak membatalkan rububiyah puasanya, contoh amalan yang mengugurkan pahala yaitu ghibah dan mencuri. Oleh karena itu Allah mengingatkan pada kita untuk tidak mengikuti hawa nafsu karena sesungguhnya hawa nafsu memerintahkan pada hal-hal yang jelek.

Dari hal tersebut bisa diambil pelajaran bahwa di Bulan Ramadhan yang penuh pahala ini, mari kita tingkatkan ibadah kita, jangan sampai kita terlena pada hawa nafsu, yang seharusnya kita menderes Al-quran tapi malah mainan handphone dan jangan sampai kita bergadang tanpa ada manfaatnya.

Check Also

Keutamaan Shodaqoh di Bulan Ramadhan

Manfaat Shodaqoh di Bulan Ramadhan

Semua orang ingin sempurna pahalanya sempurna mati masuk surga. Kalau kita ingin sempurna pahalanya ada …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *