Home / Dakwah / Manfaat Shodaqoh di Bulan Ramadhan
Keutamaan Shodaqoh di Bulan Ramadhan
Keutamaan Shodaqoh di Bulan Ramadhan

Manfaat Shodaqoh di Bulan Ramadhan

Semua orang ingin sempurna pahalanya sempurna mati masuk surga. Kalau kita ingin sempurna pahalanya ada 3 hal yaitu yang pertama adalah membaca Al-Qur’an, tadarus paling tidak 1 hari 1 juz. Kedua, melakukan sholat, dalam Bulan Ramadhan kita ada sholat sunnah yang dilakukan hanya di Bulan Ramadhan yaitu Sholat Tarawih. Lalu yang ketiga adalah Infak terhadap rezeki yang di berikan oleh Allah.

Infak terhadap rezeki yang dilakukan baik secara samar maupun terang-terangan. Seperti halnya perdagangan, kalau berdangan pasti ada untung dan rugi akan tetapi berdagang dengan Allah tidak ada ruginya.

Kalau kita tidak mencapai tiga hal tersebut maka puasa kita tidak sempurna, maka sebagai orang Islam diajarkan oleh Allah untuk menyempurnakan puasa. 

Dalam Ramadhan diusahakan bisa melaksanakan shodaqoh karena Point yang pertama adalah di bulan puasa ini pahala kita dilipat gandakan maka tidak seperti hari biasa kalau hari biasa pahalanya bisa 10 sampai 700 tapi kalau di Bulan Ramadhan Allah sendiri yang mengganjar Ila masyaallah

Point yang kedua, kalau kita shodaqoh keuntungan kita akan mendapatkan naungan di hari kiamat.

Point ketiga, kalau kita shodaqoh membuat barokah pada harta kita. Barokah adalah sesuatu yang kecil kemudian bisa menjadi besar sampai di akhirat.

Point keempat, shodaqoh pada Bulan Ramadan bisa mensucikan orang yang berpuasa di Bulan Ramadan, dalam puasa kita terkadang banyak melanggar, mungkin karena pergaulan atau perjalanan pasti ada kesalahan. Dari shodaqoh di Bulan Ramadan kita disucikan dan dibersihkan dari dosa-dosa.

Point kelima, shodaqoh bisa memperkuat keimanan orang yang shodaqoh. Orang iman pasti akan melakukan shodaqoh, kalau tidak ada keimanan tidak mungkin shodaqoh karena kita mempunyai keimanan yang kuat Maka kita bershodaqoh.

Point keenam, untungnya kita bershodaqoh adalah terjamin dari siksa neraka. 

Point yang ketujuh, kalau kita shodaqoh kita akan terlindungi dari kematian yang buruk. Kematian yang buruk bukan berarti mati mendadak tapi kematin yang tidak di tolong oleh Allah padahal kita sudah berusaha, sudah berupaya beribadah kepada Allah. Namun, ketika menjelang kematian kita tidak di rahmati oleh Allah. Salahnya apa? Salahnya bisa bermacam-macam. Tapi, kalau kita di Bulan Ramadhan ini banyak shodaqoh maka kita akan terlindungi dari kematian yang buruk.

Point kedelapan, keuntungan kita shodaqoh di Bulan Ramadhan yaitu memadamkan murkanya Allah. Besok ketika hari kiamat kita akan di hadapkan oleh Allah, kalau kita di hadapkan oleh Allah kita punya salah dan dosa maka allah akan murka.

Point kesembilan, di jauhkan dari bahaya dunia akhirat.  

Point kesepuluh, di ampuni oleh Allah. Semua kesalahan yang kita kerjakan akan di ampuni oleh Allah. Kalau kita tidak shodaqoh di Bulan Ramadhan  maka kita sangat rugi. Sebab itu kita supaya bisa sukses berhasil maka kita siapkan ini shodaqoh untuk harian ini shodaqoh untuk lailatul qodar. Sebesar apapun penting kita ikhlas ridho karena kita tahu setiap malam Allah membebaskan harta kita dari neraka. Termasuk kita shodaqoh di Bulan Ramadhan adalah salah satu perbuatan yang di sukai dan di cintai oleh Allah.

Shodaqoh itu macamnya banyak bisa dengan uang, menolong orang, shodaqoh pada orang yang berpuasa dan banyak sekali macamnya. Nabi mengatakan bahwa shodaqoh itu tidak mengurangi harta tapi malah menambah harta. 

Check Also

Kewajiban Berpuasa Bagi Umat Islam

Kewajiban Berpuasa Bagi Umat Islam

Seperti apa hakikat hukum puasa Ramadan bagi umat Islam? Bulan Ramadan adalah bulan yang penuh …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *