Home / Dakwah / Menjadi Muslim yang Produktif
Menjadi Muslim yang Produktif
Menjadi Muslim yang Produktif

Menjadi Muslim yang Produktif

Salah satu wujud syukur kita sebagai orang muslim adalah  bagaimana kita berupaya untuk menjadi seorang muslim yang produktif, apa artinya muslim yang produktif ?

Muslim yang produktif berarti menjadi orang Islam yang senantiasa dalam setiap gerak hati, ucapan maupun langkah senang di dalam berbuat kebaikan. Senang untuk menjadi bermafaat bagi diri, keluarga sekitar, lingkungan, maupun untuk nusa dan bangsa.

Produktivitas itu berawal dari hati kita, karena semua amal ibadah itu berawal dari niat

إنَّمَا الأعمَال بالنِّيَّاتِ وإِنَّما لِكُلِّ امريءٍ ما نَوَى

Sesungguhnya setiap amalan tergantung pada niatnya  dan sesungguhnya seseorang hanya mendapatkan apa yang dia niatkan.

Ketika kita akan berangkat bekerja, pasti kita menyiapkan segala hal mulai dari bangun pagi, mandi, sarapan, berpakaian yang rapih serta mempersiapkan semua alat kendaraan adalah hal yang sudah diniati untuk mencari nafkah yang halal, untuk mencukupi keluarga dan memberi manfaat pada orang lain.

Maka saat itulah Allah pun memberi pahala untuknya, tidak memamandang status pekerjaan, baik itu PNS, pegawai swasta maupun wirausaha. Namun tetap menata niat karena Allah. Karena Alloh akan memberikan pahala untuknya.

Setelah berhasil menata niat, maka di lanjutkan pada tahap ucap , apa yang telah menjadi qodar untuk kita, apapun pekerjaan kita, usaha kita, kita harus bisa mengkomunikasikannya dengan baik dan positive agar semua orang yang menerima penyampaian dari kita dapat menjadi manfaat.

Ucapan yang baik berarti adalah ucapan yang menenangkan, memotivasi, menyemangati pula dalam segala kebiakan. Misal saja, teman yang sedang sakit dan harus isolasi, maka sebagai saudara membangkitkan dengan ucapan baik adalah hal yang membangun rasa cinta dan kasih.

Selanjutnya adalah langkah, langkah bagaiamana kita menjadi muslim yang produktif. Apakah selama perjalanan kehidupan ini, setiap langkah kita sudah di dalam kebenaran Al Qur’an dan Al Hadist?, bagaimana kita bersosialisasi?, apa yang kita amalkan dengan ilmu yang sudah kita dapatkan?, atau apakah makanan dan minuman kita ini sudah sesuai dengan syariat islam ? Karena semua yang kita lakukan akan menjadi pertanggung jawaban disisi Allah.

Apabila semua yang sudah kita lakukan sudah pada rel kebenaran, maka kita akan berhasil menjadi Muslim yang produktif dan pasti Allah akan memberikan pahala.

Muslim yang produktif adalah seseorang selalu menata hati dengan niat karena Alloh, penuh dengan husnudhon billah dan berpikir yang baik baik.

Niat ( hati) – Ucapan – Langkah yang selalu karena Allah lah yang akan mengatarkan kita masuk kedalam surga selamat dari neraka. (raf)

Check Also

Pentingnya Evaluasi Diri

Pentingnya Evaluasi Diri

Definisi orang yang cerdas dan kuat menurut Nabi Muhammad SAW adalah orang yang selalu mengevaluasi …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *