Home / Berita Daerah / Relawan LDII Bantu Korban Erupsi Semeru
Relawan Pemuda LDII Lumajang keliling bersih-bersih di Pos Pengungsian, Selasa (21/12).
Relawan Pemuda LDII Lumajang keliling bersih-bersih di Pos Pengungsian, Selasa (21/12).

Relawan LDII Bantu Korban Erupsi Semeru

Ketua DPW LDII Jawa Timur KH. Moch. Amrodji Konawi beserta jajaran mengunjungi salah satu Posko pengungsian korban erupsi gunung Semeru di Masjid Al Muhajirin, Desa Jarit, Kecamatan Candipuro, Lumajang, Selasa (21/12).

Masjid dalam naungan Pimpinan Cabang LDII Pacirian tersebut menjadi salah satu Posko pengungsian korban erupsi gunung Semeru sejak 4 Desember 2021. Berdasarkan data dari BNPB per 14 Desember, tercatat 10.158 orang pengungsi yang tersebar di 151 titik pengungsian.

Pada kunjungan tersebut, Amrodji menyerahkan 1.100 pakaian dan masker kepada para pengungsi. Penyerahan dilakukan secara simbolis diterima oleh Wakil Ketua DPD LDII Lumajang H. Mustofa. Dia berharap pemberian tersebut dibagikan secara merata sehingga dapat meringankan beban korban erupsi gunung Semeru.

Ketua DPW LDII Jawa Timur KH. Moch. Amrodji Konawi menyerahkan bantuan berupa 1.100 pakaian dan masker kepada warga di Posko Pengungsian erupsi gunung Semeru.
Ketua DPW LDII Jawa Timur KH. Moch. Amrodji Konawi menyerahkan bantuan berupa 1.100 pakaian dan masker kepada warga di Posko Pengungsian erupsi gunung Semeru.

 

“Teruntuk korban erupsi gunung Semeru mohon bersabar dan tawakal kepada Allah SWT. Kita bisa mengambil hikmah atas musibah ini. Saya yakin dibalik musibah Allah SWT pasti memberikan pertolongan yang lebih dari apa yang kita harapkan,” ucap Amrodji.

Pada kesempatan yang sama Amrodji juga melepas relawan Pemuda LDII Lumajang dalam menjalankan misi tugas kemanusiaan. “Dalam menjalankan tugas kemanusiaan siapapun harus dibantu, jangan pandang bulu,” ujar Amrodji.

Koordinator lapangan relawan Pemuda LDII, Mochammad Angfik, mengatakan saat ini relawan pemuda LDII tersebar di beberapa titik posko pengungsian. “Selain membantu membagikan logistik, kami terus keliling membantu membersihkan sampah-sampah di sekitar tempat pengungsian agar lingkungan tempat pengungsian tetap bersih dan tidak menimbulkan penyakit baru,” ujar Angfik.

Selain melibatkan pemuda, DPD LDII Lumajang menggerakkan Wanita LDII dalam membantu di dapur pengungsian seperti yang dilakukan Indrawati salah satu wanita LDII Lumajang yang setiap harinya sibuk di dapur umum menyiapkan makan untuk para pengungsi. “Sekali masak bisa menghabiskan 30 kilogram beras,” ungkap Indrawati.

Indrawati sendiri juga terdampak erupsi gunung Semeru. Ia dan ibu-ibu lainnya mengungsi sejak 4 Desember lalu. “Alhamdulillah semua tercukupi disini. Donatur kesini banyak dan banyak yang membantu,” imbuhnya.

Selanjutnya, Amrodji dan rombongan melanjutkan perjalanan ke Dusun Renteng, Desa Sumber Wuluh, Kecamatan Candipuro untuk meninjau lokasi terparah akibat dampak gunung Semeru yang mengakibatkan sebagian besar warga mengungsi.

Check Also

Wali Kota Batu Dewanti Rumpoko (tengah) foto bersama jajaran DPD LDII Batu masa bakti 2021-2026 usai di Balai Among Tani, Batu.

Wali Kota Batu Apresiasi Kepengurusan LDII 2021-2026 Gandeng Generasi Milenial

Wali Kota Batu Dewanti Rumpoko mengapresiasi kepengurusan baru DPD LDII Kota Batu masa bakti 2021-2026 …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *